Home > Sapi Brahman Cross > Sapi Brahman Cross

Sapi Brahman Cross

Jenis  sapi  Brahman dulu – nya berasal dari India. Sapi ini juga bisa berkembang dengan baik di luar  negara asalnya ( India ). Seperti di negara Australia. Bahkan,  para  pembibit  sapi   di  Australia  melakukan   persilangan –  sapi   Brahman dengan  bangsa  sapi lainnya seperti  Simmental  dan  Limousin,  hasilnya  dikenal  dengan  nama  sapi Brahman Cross, yang  sejak  tahun  1985  sudah  masuk  ke  Indonesia  melalui program  bantuan  Asian Development Bank .

Nah, beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memperoleh produksi dan produktivitas sapi brahman cross yang baik, antara lain lokasi perkandangan, pakan, pemeliharaan,  perkawinan dan pencatatan.

Lokasi Kandang. Lokasi peternakan harus-lah memenuhi syarat-syarat,  Tidak bertentangan dengan kepentingan pembangunan wilayah. Tidak mengganggu lingkungan setempat. Tidak lembab atau tergenang air sewaktu hujan. Pakan dan air mudah diperoleh dan tersedia sepanjang tahun. Mudah diakses alat transportasi dan jarak dengan usaha pembibitan ayam minimal 1 km.

Sistem Perkandangan.  Sistem perkandangan adalah sistem koloni agar memudahkan pengawasan dan pencatatan. Kandang terbuat dari bahan yang kuat dan lantai tanah yang padat atau terbuat dari semen. Atap terbuat dari rumbia, bambu atau genteng yang bisa membuat ruangan menjadi dingin atau tidak terlalu panas.

Tempat pakan terbuat dari kayu atau semen. Apabila tempat pakan terbuat dari semen diusahakan dalamnya tidak bersiku agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang berakibat pembusukan dan dapat dijadikan sarang lalat.Tempat pakan berukuran : panjang 1 m, lebar 0,8 m, kedalaman 0,2 m, tinggi alas dari lantai 0,6 m. Tempat air minum terbuat dari plastik atau semen.

Sementara ukuran tempat minum : panjang 0,5 m, lebar 0,8 m, kedalaman 0,4 m, tinggi alas dari lantai 0,6 m. Kandang untuk setiap ekor induk siap beranak berukuran 2 m x 3 m dengan ruang terbuka 2 m x 4 m. Disarankan setiap lokal kandang memiliki ruang terbuka untuk gerak badan sapi agar tidak mengganggu ruang gerak sapi.

Advertisements
Categories: Sapi Brahman Cross
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: